Tukhfatul Atfal
المقدمة
Pendahuluan
يَقُــولُ رَاجِـي
رَحمةِ الْغَـفُـورِ * دَوْمَـاً سُلَـيْمَانُ هُـوَ الْجَمـْزُورِى
Berkata Sulaiman Al
Jamzury, orang yang senantiasa mengharapkan rahmat sang Maha Pengampun..
الْحَمْــدُ
لِلَّــهِ مُصَـلّـِياً عَـلـى * مُـحَمَـــدٍ وآلِــهِ وَمَـنْ تَـلاَ
Segala puji bagi
Allah, Shalawat atas Muhammad beserta keluarga dan orang yang mengikutinya..
وَبَعْـدُ هـذَا
النَّـظْـمُ لِلْـمُرِيــدِ * فــي النُـونِ والتَّـنْوِينِ وَالْمُدُودِ
Bait syair ini
adalah untuk orang yang menginginkan (pembahasan) pada masalah nun, tanwin, dan
mad-mad..
سَــمَّيتُــهُ
بِتُحفَـة الأَطْفَالِ * عَـنْ شَيْـخِنَا الْمِيـهِىِّ ذِي الْكَمالِ
Aku namakan dengan
Tuhfatul Athfal.. dari (riwayat) Syaikh kami, Al Mihiy yang memiliki
kesempurnaan (ilmu)..
أَرْجُــو بِـه أَنْ
يَنْـفَعَ الطُّـلاَّبَـا* وَالأَجْــرَ وَالْقَـبُـولَ وَالثَّـوَابـ
Aku berharap (kitab
ini) bermanfaat untuk penuntut ilmu.. dan Aku berharap amalan ini diterima,
mendapatkan balasan dan pahala..
النون الساكنة
والتنوين
Nun Sukun
dan Tanwin
لِلـنُّــونِ إِنْ
تَسْـكُنْ وَلِلتّـَنْوِينِ * أَرْبَـعُ أَحْكَـامٍ فَخُـذْ تَبْـيِـيـنِـي
Nun Sukun dan
Tanwin memiliki empat hukum, maka perhatikanlah penjelasanku..
فَـالأَوَّلُ
الإظْـهَارُ قَـبْـلَ أَحْـرُفِ * لِلْحَـلْـقِ سِـتٍ رُتِّبَتْ فَلـتَـعْرِفِ
Pertama, Idzhar
(jika ada nun sukun / tanwin) sebelum enam huruf halqy (tenggorokan) yang
tersusun maka ketahuilah..
هَمْـزٌ فَـهَـاءٌ
ثُـمَّ عَـيْـنٌ حَـاءُ * مُـهْمَلَـتَانِ ثُــمَّ غَيْـنٌ خَــاءُ
Hamzah (أ) , Ha
besar (هـ), ‘Ain (ع), Ha kecil (ح), kemudian Gha (غ), dan Kha (خ)..
والـثّـَانـي
إِدْغَـامٌ بِسـتَّةٍ أَتَـتْ * فِـي يَـرْمَـلُـونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ
Kedua, Idgham yang
memiliki 6 huruf yang datang kemudian, terhimpun dalam kata:
يَرْمُلُوْنَ
(ي-ر-م-ل-و-ن)
لَـكِنَّهَا
قِسْـمَانِ قِسْــمٌ يُـدْغَـمَا * فِـيهِ بِـغُـنّـَةٍ بِيَـنْـمُو عُلِـمَـا
Akan tetapi Idgham
ada dua jenis; yang pertama didengungkan (Idgham bighunnah) untuk huruf yang
dikenal terangkum dalam kata
يَنْمُوْ ي –
ن – م – و
إِلاَّ إِذَا
كَـانَـا بِـكــِلْمَـةٍ فَــلاَ * تُـدْغِـمْ كَدُنْـيَا ثُمَّ صِـنْوَانٍ تَـلاَ
Kecuali jika (nun
sukun/tanwin bertemu huruf ini) dalam satu kata, maka jangan didengungkan
tetapi bacalah seperti “دُنْـيَا” dan “صِـنْوَانٍ”
وَالثَّـانـي إِدْغَــامٌ
بِغَيْــرِ غُـنَّةْ * فـي الـلاَّمِ وَالـرَّا ثُـمَّ كَـرّرَنَّـهْ
Jenis yang kedua
adalah idgham bilaa (bighairi) ghunnah yaitu untuk huruf lam (ل) dan ra
(ر) yang dibaca Takrir (bergetar)
وَّالثَـالـثُ
الإِقْـلاَبُ عِنْـدَ الْبَـاءِ * مِيــماً بِغُـنَــةٍ مَـعَ الإِخْـفَـاءِ
Ketiga, Iqlab yaitu
ketika (Nun sukun / tanwin bertemu) huruf Ba (ب) maka dibaca mim yang
didengungkan serta disamarkan.
وَالرَّابِـعُ
الإِخْـفَاءُ عِنْـدَ الْفاضِـلِ * مِـنَ الحُـرُوفِ وَاجِـبٌ لِلْفَاضِـلِ
Keempat, Ikhfa
yaitu untuk sisa huruf hijaiyah yang wajib menurut Ulama Qirooah
فـي خَمْسَـةٍ مِنْ
بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا * فِـي كِلْمِ هذَا البَيْتِ قَـدْ ضَمَّنـْتُـهَا
Aku telah menyusun
rumus 15 huruf ikhfa yang terangkum dalam kalimat bait ini:
صِفْ ذَا ثَـنَا
كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا * دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ ظَالِـمَا
صِفْ ذَا ثَـنَا
كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ
ظَالِـمَا
الميم
والنون المشددتين
Mim dan Nun
yang bertasydid
وَغُـنَّ مِيـماً
ثُـمَّ نُونـاً شُــدِّدَا * وَسَــمِّ كُـلاً حَـرْفَ غُـنَّةٍ بَـدَا
Dengungkanlah mim
dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah kedua huruf tersebut dengan huruf
ghunnah dan tampakkanlah
الميم
الساكنة
Mim Sukun
وَالِميـمُ إِنْ
تَسْـكُنْ تَجِى قَبْلَ الْهِجَا * لاَ أَلــفٍ لَيِّــنَةٍ لِــذِى
الْحِـجَا
Jika Mim sukun itu
terletak sebelum semua huruf hijaiyah selain alif layyinah (alif sukun) bagi
orang yang berakal
أَحْـكَامُـهَا
ثَـلاَثَـةٌ لِمَـنْ ضَبَـطْ * إِخْـفَاءٌ ادْغَـامٌ وَإِظْـهَـارٌ
فَقَــطْ
Hukumnya ada
tiga saja bagi yang menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar
فَـالأَوَّلُ
الإِخْـفَـاءُ عِنْـدَ الْبَــاءِ * وَسَـمِّـهِ الشَّفْــوِىَّ
لِلْـقُــرَّاءِ
Pertama, Ikhfa
yaitu ketika huruf Ba (didahului mim sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa
Syafawy
وَالثّـَانـى
إِدْغَـامٌ بِمِـثْلِـهَا أَتَـى * وَسَـمِّ إدغـاماً صَـغـِيراً يَا فَـتَى
Kedua, Idgham
(dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim juga) Namakanlah Idgham Shaghir
(kecil) wahai pemuda..
وَالثـَّالِـثُ
الإِظْـهَارُ فِـى الْبَقِيَّـةْ * مِـنْ أَحْـرُفٍ وَسَـمِّـهَا
شَفْوِيَّـهْ
Ketiga, Idzhar,
pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah Idzhar Syafawi
وَاحْـذَرْ لَدَى
وَاوٍ وَفَـا أَنْ تَخْتَـفىِ* لِـقُـرْبِــهَا وَلاتحادِ فَاعْـرِفِ
Berhati-hatilah
pada huruf Wa dan Fa karena kesamarannya (dengan ba).. karena
kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj (wa) maka kenalilah..
لام آل ولام
الفعل
Lam Al
(Alif lam Qomariyah & Syamsiyah) dan Lam fi’il
لِلاَمِ أَلْ
حَـالاَنِ قَـبْـلَ الأَحْــرُفِ * أُولاَهُــمَا إِظْـهَـارُهَا فَلْتـَعْـرِف
Hukum lam sebelum
huruf-huruf (hijaiyah selain alif) itu ada dua; pertama dibaca idzhar (jelas)
lam nya maka kenalilah..
قَبْلَ ارْبَـعٍ مَعْ
عَشْرَةٍ خُـذْ عِلْمَـهُ * مِنَ ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ عَقِيـمـهُ
keempat belas huruf
yang dibaca jelas, maka ambillah ilmunya dari kalimat berikut:
ابْـغِ حَجَّـكَ
وَخَـفْ عَقِيـمـهُ[2]
ثَانِيـهِـمَا
إِدْغَـامُـهَا فـى أَرْبَـعٍ * وَعَـشْـرَةٍ أَيْـضاً وَرَمْـزَهَا فَـعِ
Kedua, dibaca
idgham yaitu melebur (lam nya tidak dibaca, tetapi langsung dibaca hurufnya)
yang juga 14 huruf dengan rumus:
طِبْ ثُمَّ صِلْ
رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم * دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَم
طِبْ ثُمَّ صِلْ
رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً
لِلْكَـرَم[3]
وَاللاَّمَ
الاُولَـى سَـمِّـهَا قَمْـرِيَّـهْ * وَالـلاَّمَ الاُخْـرىَ سَمِّـهَا
شَمْسِـيَّهْ
Lam pertama disebut
alif lam qomariyyah.. Lam kedua disebut Alif lam Syamsiyyah
وأظْـهِـرَنَّ لاَمَ
فِـعْــلٍ مُطْلَــقاً * فـى نَحْـوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْـنَا وَالْتَقَـى
Adapun lam fi’il
semuanya secara mutlak dibaca jelas contohnya قُلْ dan َقُلْـنَا dan اِلْتَقَـى
المثلين
والمتقاربين والمتجانسين
Mitslain,
Mutaqaribain, dan Mutajanisain
إِنْ فِي الصِّفَاتِ
وَالمَخَـارِجِ اتَّفَـقْ * حَـرْفَانِ فَالْمِثْـلاَنِ فِـيهِـمَا أَحَـقْ
Jika (pada dua
huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya sama, maka ia disebut Mitslain
(Mutamatsilain)
وَإِنْ يَكُـونَا
مَخْـرَجـا ًتَـقَـارَبَـا * وَفـي الصِّـفَاتِ اخْتَـلَـفَا يُلَقَّــبَا
JIka makhrajnya
(berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut Mutaqoribain
مُـتْـقَارِبَـيْنِ
أَوْ يَكُــونَا اتَّفَـقَا * فِـي مَـخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّـقَا
Jika Makhrajnya
sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain
بِالْمُتَجَانِسَــيْنِ
ثُــمَّ إِنْ سـَكَـنْ * أَوَّلُ كُـلٍّ فَالصَّـغِـيرَ سَـمِّـيَـنْ
Kemudian jika
awal semua jenis ini (Mitslain, Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun,
maka disebut dengan Shaghir..
أَوْ حُـرِّكَ
الحَـرْفَـانِ فى كُلٍّ فَقُـلْ * كُـلٌّ كَبِــيرُ وافْهَمَـنْـهُ بِالْمُـثُلْ
Dan jika kedua
hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain,
Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itu
dengan mengambil contoh (talaqqy)
أقسام المد
Pembagian
mad
وَالمـَدُّ
أَصْلِـىُّ وَ فَـرْعِــىٌّ لَـهُ * وَسَــمِّ أَوَّلاً طَبِيـعِـيّاً وَهُـــو
Mad itu ada dua;
Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy
مَـالاَ تَوَقُّـفٌ
لَـهُ عَـلـى سَـبَبْ * وَلابِـدُونِهِ الحُـرُوفُ تُجْـتَـلَـبْ
Mad Thabi’iy itu
tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat
بلْ أَىُّ حَرْفٍ
غَيْرُ هَمْزٍ أَوْ سُـكُونْ * جَا بَعْـدَ مَـدٍّ فَالطَّبِــيِعىَّ يَكُـونْ
Setiap huruf selain
hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw,ya) maka ia adalah
mad thabi’iy
وَالآخَرُ
الْفَرْعِـىُّ مَوْقُـوفٌ عَلـي * سَـبَبْ كَهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْـجَـلاً
Kedua Mad Far’iy
yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara
mutlak.
حُـرُوفُــهُ
ثَـــلاَثَـةٌ فَعِـيـهَا * مِنْ لَفْـظِ وَاىٍ وَهْىَ فى نُوحِـيـهَا
Huruf mad ada tiga
maka hafalkanlah.. dari lafaz “وَاىٍ” contohnya نُوحِـيـهَا
وَالكَسْرُ قَبْـلَ
الْيَا وَقَبْلَ الْواوِ ضَـمْ * شَـرْطٌ وَفَـتْحٌ قَبْـلَ أَلفٍ يُلْتَــزَمْ
Syarat nya harus
senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw, dan
fathah sebelum alif
وَاللِّـينُ
مِنْـهَا الْيَا وَوَاوٌ سَـكَـنَا * إِنِ انْفِــتَاحٌ قَبْـلَ كُـلٍّ
أُعْـلِـنَا
Adapun Mad Layyin
yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan waw sukun
أحكام المد
Hukum Mad
لِلْمَــدِّ
أَحْـكَـامٌ ثَـلاَثَـةٌ تَـدُومْ * وَهْـيَ الْوُجُوبُ وَالْجَوَازُ
وَاللُّـزُومْ
Hukum Mad selalu
ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan Mad Lazim
فَـوَاجِبٌ إِنْ
جَـاءَ هَمْـزٌ بَعْدَ مَـدْ * فِـي كِلْمَــةٍ وَذَا بِمُتَّصْــلٍ يُعَـدْ
Mad wajib terjadi
jika ada hamzah setelah mad dalam satu kalimat yang bersambung (mad wajib
muttashil)
وَجَـائـزٌ مَـدٌ
وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِـل * كُـلٌّ بِكِلْمَــةٍ وَهَذَا المُـنْفَصِــلْ
Mad Jaiz itu boleh
dipanjangkan (seperti mad wajib muttashil) boleh pula dibaca pendek (seperti
mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan hamzah) masing-masing dalam kalimat terpisah
dan ini disebut mad jaiz munfashil. .
وَمِثـْلُ ذَا إِنْ
عَـرَضَ السُّـكُـونُ * وَقْـفَاً كَتَعْـلَـمُـونَ نَسْـتَعِــينُ
Contoh ini (mad munfashil
yang boleh dibaca panjang atau pendek atau tawassuth/pertengahan) jika ada
huruf yang disukunkan karena waqaf seperti َتَعْـلَـمُـونَ dan
نَسْـتَعِــينُ (Mad ‘Aridh Lissukun)
أَوْ قُـدِّمَ
الْهَمْـزُ عَـلَـي المَـدِّ وَذَا * بَـدَلْ كَـآمَـنُوا وَإِيَـماناً خُــذَا
Jika Hamzah ada
sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya آمَـنُوا dan إِيَـماناً
وَلاَزِمٌ إِنِ
السُّـكُـونُ أُصِّــــلاَ * وَصْلاَ وَوَقْـفاً بَعْـدَ مَـدٍّ طُــوّلاَ
JIka sukun
bersambung setelah mad baik secara washal atau waqaf maka ini adalah mad lazim
أقسام المد اللازم
Jenis-jenis Mad
Lazim
أَقْسَــامُ لاَزِمٍ
لَـدَيهم أَرْبَـعَـةْ * وَتِـلْكَ كِـلْمِـيُّ وَحَرْفِـيٌّ مَعَــهْ
Mad Lazim menurut
ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad lazim kilmiy dan mad lazim harfiy
كِـلاَهُـمَا
مُـخَـفَّـفٌ مُـثَـقَّـلُ * فَـهَـــذِهِ أَرْبَـعَـةٌ تُـفَصَّــلُ
Setiap dari
keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini adalah
pembagian yang empat
فَـإِنْ
بِـكِلْمَـةٍ سُـكُونٌ اجْـتَمَـعْ * مَـعْ حَرْفِ مَـدٍّ فَهْوَ كِلْمِـيُّ
وَقَـعْ
jika sukun bersama
huruf mad berkumpul dalam satu kata, maka terjadilah mad lazim kilmy
أَوْ فـي
ثُـلاَثِـيِّ الحُرُوفِ وُجِـدَا * وَالمَـدُّ وَسْـطُهُ فَحَـرْفِــيٌّ بَـدَا
apabila dijumpai
ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah mad maka itu merupakan mad lazim
harfiy
كِـلاَهُـمَا
مُثَـــقّـلٌ إِنْ أُدْغِـمَا * مَخَفَّـفٌ كُــلُّ إِذَا لَـمْ يُـدْغَـمَا
Keduanya mutsaqqal
jika di-idgham-kan dan mukhaffaf jika tidak di-idgham-kan
وَالـلاَّزِمُ
الْحَـرفِـيُّ أَوَّلَ السُّــوَرْ * وُجُـودُهُ وَفِـي ثَمَـانٍ انحَصَــرْ
Mad Lazim harfiy
ada di awal surat dan hurufnya terkumpul dalam delapan huruf
وَعَيْنُ ذُو
وَجْهَـيْنِ والطُّولُ أَخَصْ * يَـجْمَعُـهَا حُـرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَصْ
Huruf ‘ain memiliki
dua jalan (mad dan tawassuth) akan tetapi yang masyhur adalah memanjangkannya
(mad).. Berkumpul huruf (mad lazim harfy) dalam kalimat ” كَمْ عَسَلْ نَقَصْ”..
وَمَا سِوَي الحَرْفِ
الثُّلاَثِي لاَ أَلِـفْ * فـَمُـدُّه مَـدّاً طَبِيـعِـيَّا أُلِــفْ
Dan apa yang selain
huruf (mad) yang tiga selain alif, maka mad nya disebut mad thabi’iy..
وَذَاكَ أَيْضـاً
فِـي فَـوَاتِحِ السُّـوَرْ * فِي لَفْظِ حَيٍّ طَـاهِرٍ قَـدِ انْحَصَـرْ
Begitupula pada
ayat pembuka surat-surat Al Quran yang terkumpul dalam kalimat
” حَيٍّ طَـاهِرٍ “
وَيَجْمَـعُ
الْفَوَاتِـحَ الأَرْبَـعْ عَشَـرْ * صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا
اشْـتَهَرْ
Berkumpul ke-empat
belas huruf pembuka surat dalam kalimat
” صِلْهُ سُحَيْراً
مَنْ قَطَعْك ذَا اشْـتَهَرْ “
الخاتمة
Penutup
وَتَــمَّ ذَا
النَّـظْمُ بِحَـمْدِ اللَّـــهِ * عَـلَـى تَمَامِـهِ بِـلاَ تَــنَاهِـى
Telah selelasi
nadzham ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas
أَبْـيَاتُـهُ
نَـدٌّ بَـداَ لِـذِى النُّـهَى * تَارِيخُهُ بُشْـرَى لِمَـنْ يُـتْقِـنُـهَا
Bait-baitnya tampak
serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah
“menggembirakan bagi orang yang menguasainya”
ثُـمَّ الصَّـلاَةُ
وَالسَّــلاَمُ أَبَـــداَ * عِـلـى خِـتَامِ الأَنْبِـيَاءِ أَحْـمَـدَا
Kemudian shlawat
serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, Muhammad
وَالآلِ وَالصَّــحْبِ
وَكُـلِّ تَـابِـعِ * وَكُــلِّ قَـارِئٍ وكُـلِّ سَــامِـعِ
Atas keluarga,
sahabat, dan para pengikutnya dan setiap pembaca dan pendengar Al Quran…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar